Seiring dengan banyak munculnya masalah setelah
melakukan upload emis semester genap tahun 2017 ini sangat banyak menyisakan
kisah, ada kisah yang menggembirakan bagi lembaga yang emisnya sukses, ada
kisah kuatir dan cemas bagi operator yang emisnya masih menunggu konfirmasi, dan
ada kisah yang menyedihkan yakni bagi
operator yang emisnya masih harus cek ulang sampai deadline yang ditentukan
belum sukses.
Informasi kali ini admin sajikan sebuah info
bagi operator yang emisnya masih dicek ulang, semoga tulisannya menambah
wawasan kita semua.
Betapa sedihnya, betapa cemasnya, betapa
pusingnya dan masih banyak lagi betapa-betapa yang lain yang dialami oleh
operator yang emisnya selalu gagal, betapa tidak, setelah backup dan upload
online harus melakukan konfirmasi ke operator kabupaten untuk meminta bantuan, apakah data yang sudah kita konfirmasi valid
atau masih cek ulang. Jika terdapat data yang salah (ditandai dengan
status cek ulang) maka Operator Kab/Kota akan membatalkannya kembali dan
operator madrasah harus mengeditnya kembali.
Dengan membaca situasi yang sangat ribet ini tim teknis emis pusat, meluncurkan fitur atau menu baru di akun lembaga. Fitur baru tersebut "Cek Data" dimana operator RA/Madrasah dapat mengecek sendiri data yang diupload sudah benar atau masih ada kesalahan. Perhatikan gambar
Dengan menu baru emis ini, setelah mengupload data emis hasil backup ke situs http://emispendis.kemenag.go.id/emis1617/, operator RA dan Madrasah tidak perlu bolak-balik menanyakan ke admin Emis Kabupaten terkait hasil unggahan emisnya sudah benar ataukah masih ada bagian yang salah, yang ditandai dengan status cek ulang. Justru operator madrasah dapat langsung mengeceknya melalui akun emis madrasah masing-masing. Sehingga dengan mengetahui data-data mana saja yang masih salah, operator tingkat lembaga dapat segera melakukan perbaikan tanpa harus ribet bertanya bolak-balik kepada Operator Emis Kab/Kota.
Bagaimana Caranya….?
Setelah melakukan upload form lembaga, form siswa, form PTK, dan form lulusan, terlabih dahulu melihat tampilan pada menu "Cek Data". Jika statusnya sudah "OK" semua, barulah klik menu "Konfirmasi".
Sebaliknya, jika ada yang berstatus "Cek Ulang" maka lakukanlah perbaikan data emis terlebih dahulu dengan menggunakan Aplikasi Desktop Emis kemudian lakukan upload ulang pada form yang mengalami kesalahan tersebut.
Namun harus diingat, menu ini
hanya bisa dilihat sebelum operator melakukan konfirmasi. Mengapa demikian..? Karena begitu menu
"konfirmasi" diklik maka akses untuk membuka akun emis lembaga akan
ditutup. Dengan demikian
bagi rekan-rekan yang emisnya sudah beres dan sudah terlanjur melakukan
konfirmasi, dengan amat terpaksa tidak bisa merasakan fitur baru emis: Cek Kesalahan Data tersebut
Demikian semoga manfaat
Posting Komentar